Hisato Suzuki Bagikan Pengalamannya Sebagai Hairdresser Internasional

He chose this path based on his own will.

Hisato Suzuki, Creative Director sekaligus hairdresser One Piece by Hisato dan One Piece Hair Studio, beberapa waktu lalu membagikan sedikit pengalamannya semasa muda hingga dirinya menjadi top hair stylist di kancah Internasional. Untuk dapat menyandang gelar ini, bisa dibilang Hisato menyimpan kisah tersendiri yang tentunya dapat membuat kamu menjadi ikut terinspirasi.

Hisato Suzuki, hair stylist yang berasal dari Jepang ini telah berkiprah di dunia hair styling selama 21 tahun, baik itu di Jepang, Australia, hingga Singapura. Cukup lama ya? Nah, Hisato sendiri memilih profesi ini dilatarbelakangi oleh profesi ibunya yang juga merupakan seorang penata rambut. Hisato juga merupakan lulusan dari Hayami Hair and Beauty School, Jepang dan telah berhasil mendapatkan sertifikat dari salah satu sekolah kecantikan di Australia.

Pria yang selalu tampil ‘eksentrik’ ini juga mengaku bahwa untuk menjadi top hair stylist di kancah Internasional, dirinya harus menempuh perjalananan yang cukup panjang. Mulai dari menempati posisi sebagai Asisten hair stylist hingga menjadi owner sebuah salon seperti saat ini. Tidak bisa dipungkiri, untuk bisa menjadi seperti ini, Hisato juga dihadapkan dengan berbagai tantangan bahkan kegagalan. Salah satunya adalah memotong rambut customer yang potongannya tidak sesuai dengan bentuk wajahnya. Well, everybody has a mistake right? Tapi, tidak hanya sampai di situ, kegagalan-kegagalan tersebut lantas tidak menghalangi Hisato untuk maju dan mencapai apa yang dia inginkan. Bagi Hisato, dalam menjalani hidup, kuncinya adalah jangan pernah menyerah dan terus mengasah kemampuan dengan tetap berlatih. Dari situlah Hisato mulai membuka salon pertamanya pada tahun 2010 lalu dan menuai prestasi baru di bidang hair stylist, seperti Central Park Hair Show (2011), Japan Pop Culture, Sharp Hair Dryer Plasmacluster, dan Fun to Style with Gatsby (2012).

Dalam menjalani profesinya ini, Hisato selalu mengutamakan kepuasan customer, dimana sebelum masuk ke proses eksekusi, dirinya selalu menunjukkan design-nya terlebih dahulu sehingga customer mendapatkan gambaran dan hasil yang terbaik. Tidak hanya itu, bagi Hisato, senyum yang ia ciptakan di wajah customer merupakan hal yang sangat penting, dan senyum tersebut menandakan bahwa hasil karyanya mampu memenuhi kebutuhan sang customer.

 

Berbicara mengenai customer, sudah pasti seorang hair stylist harus selalu uptodate dengan perkembangan tren, mengingat customer cukup sering menanyakan tren-tren baru yang berhubungan dengan rambut. Nah, untuk mengatasi hal itu, Hisato selalu mencari informasi di internet mengenai tren rambut seperti apa saja yang sedang ‘in’ di dunia hairstyling. Bahkan sebelum internet mudah dijangkau seperti sekarang, Hisato selalu membeli buku mengenai tren hairstyling di Kinokuniya dan bertukar email dengan kawan-kawannya di Jepang membahas tren rambut pada saat itu. Hal inilah yang membuat Hisato tertarik akan hal-hal baru terutama pada hal-hal yang bertemakan hairstyling.

Terlepas dari itu semua, Hisato tidak hanya berfokus pada dunia gaya rambut dan berbisnis dengan mencari pelanggan sebanyak-banyaknya, tetapi dirinya juga ingin menularkan ilmunya pada hair stylist yang ada di Indonesia. Kecintaannya pada tatanan rambut membuat Hisato ingin mengedukasi para hair stylist Indonesia agar dapat disejajarkan dengan hair stylist internasional. Untuk memenuhi keinginannya tersebut, Hisato pun akhirnya mendirikan Zone and Section Academy Indonesia. Di sini para hair stylist lokal dapat belajar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menata rambut. Bagi Hisato, setiap hair stylist harus mengetahui beragam teknik pemotongan rambut yang bagus. Tidak hanya dari segi keterampilan, tetapi mereka juga harus menguasai pemahaman struktur tulang kepala dan tren gaya rambut yang sedang ‘in’ sekarang ini. Hair stylist lokal yang mengikuti pelatihan ini, akan ditantang untuk mengkombinasikan gaya rambut berbeda dengan berbagai angle pemotongan.

Di menit-menit terakhir wawancara, pria berambut khas blonde ini mengungkapkan rencana bisnisnya untuk beberapa tahun ke depan. Salah satunya adalah berkolaborasi dengan pihak ketiga seperti beauty blogger atau influencer dengan menjual produk-produk kecantikan atau mempromosikan jasa yang dimiliki sekaligus memperluas cabang ke daerah lainnya.  Adapun beberapa hal yang ia bagikan terkait kiat-kiat menjadi penata rambut yang sukses. Baginya, untuk menjadi penata rambut yang sukses berarti dirinya harus bersikap respek dan ramah terhadap setiap customer yang datang ke salonnya. Di samping itu, Hisato berpesan dengan mengatakan “Find all the opportunity and don’t forget that we still have to learn more, because the industry is still growing so it means we will have to go back to junior again with zero knowledge. The most important thing is don’t be snobbish and build good communication”, jelasnya.

 

Jadi bagaimana menurut kamu tentang pengalaman Hisato sebagai seorang hairdresser? Cukup menginspirasi bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *